Sabtu, 07 Mei 2016

Seandainya Bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional


Oh my God, judul artikel di atas fenomenal banget ya ? Eh siapa tau kelak di kemudian hari orang sedunia fana ini insyaf bahwa bahasa Indonesia mudah dipelajari dan mempunyai kosakata yang tidak kalah keren dengan English. Bisa jadi juga salah satu bahasa daerah Indonesia, misalnya bahasa Jawa yang banyak difahami oleh mahluk ghaib (ha ha ha ha) naik pamor menjadi bahasa internasional dan bahasa interdimensi (kayak jenis Anak Indigo ya ?) berjaya di dunia fana, dunia maya dan sekaligus di dunia ghaib.. walahu alam bishawab.


Sementara ini bahasa yang digunakan di dunia internasional adalah bahasa Inggris. Oleh karena itu, banyak dari kita berlomba-lomba untuk belajar bahasa ini. Belajar bahasa Inggris tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh tekad yang kuat dan butuh berlatih. Oleh karena itu tempat-tempat kursus bahasa Inggris dipadati oleh banyak orang . Baik itu pelajar, mahasiswa atau dari kalangan umum.

Kenapa banyak orang begitu semangatnya belajar bahasa Inggris? Ini disebabkan kebutuhan di era global seperti sekarang ini. Banyak referensi menggunakan bahasa Inggris, bahkan mau bekerja pun dituntut bisa bahasa Inggris. Itulah sebabnya mengapa banyak yang berusaha untuk menguasai bahasa Inggris. Bahkan para orang tua ada yang menyekolahkan balitanya di sekolah internasional yang menggunakan bahasa pengantarnya bahasa Inggris !

Fenomena ini terjadi karena bahasa internasional yang digunakan di dunia adalah bahasa Inggris. Tapi, apa jadinya ya, kalau bahasa pengantarnya jadi bahasa Indonesia. Mungkin kalau dibayangkan jadinya akan seperti ini :

    • Kalau kamu sekarang sedang kuliah, maka kamu pasti pernah kesulitan mencari buku referensi yang oke. Ini dikarenakan beberapa ilmu tertentu hanya bisa kita temukan dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Inggris. 
    • Tentunya kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kursus bahasa Inggris. Secara bahasa yang dipakai di dunia adalah bahasa kita sendiri. Bahkan, mungkin yang akan menjamur adalah tempat-tempat kursus bahasa Indonesia di belahan dunia sana. Kalau kondisi seperti ini terjadi, maka kita adalah salah satu orang yang sangat diuntungkan. Kenapa begitu? Jadi kita bisa ke luar negeri untuk jadi native speaker gitu deh. Tentunya kita pun akan dibayar mahal oleh mereka. Wah asyik banget ya kalau kondisinya seperti itu.
    • Guru bahasa Indonesia intinya akan mendunia dan punya kehidupan yang layak, seta bisa sekalian jalan-jalan di negara yang dikunjunginya. Pokoknya guru bahasa Indonesia akan laris manis deh. Kamu pun nantinya harus sudah mulai bersiap-siap. Harus mulai rajin memperhatikan guru bahasa Indonesia di sekolah, siapa tau kamu salah satu orang yang jadi guru itu.
    • Kamu sekarang sedang kuliah? Pasti pernah kesulitan mencari buku referensi yang oke. Ini dikarenakan beberapa ilmu tertentu hanya bisa kita temukan dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Inggris. Kalau bahasa Indonesia sudah jadi bahasa internasional, maka kita akan menemukan sebuah fakta baru bahwa banyak buku asing yang pada akhirnya diterjemahkan dalam bahasa dunia, yaitu bahasa Indonesia.
    • Kalau nanti kamu jalan ke luar negeri, jangan khawatir tersesat. Karena pastinya banyak orang di luar negeri sana yang bisa bahasa Indonesia. Bahkan tourist guide-nya akan diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia. Wah, enak ya! Mau belanja, mau jalan-jalan semuanya jadi lebih mudah. Pokoknya jalan-jalan kamu akan jadi lebih seru. Dan banyak tempat wisata yang pada akhirnya akan kamu singgahi.
    • Saat ini Indonesia sudah menghasilkan beraneka macam produk baik itu yang dijual dalam skala lokal dan yang dijual hingga go international . Tapi, jika bahasa Indonesia jadi bahasa dunia, maka kita akan dengan mudah menjual produk-produk kita, baik itu yang masih skala UKM.
    • Orang Indonesia terkenal dengan Keramah-santunannya. Lihat saja, jika bertemu orang yang lebih tua maka kita akan bersalaman. Jadi kalau bahasa kita jadi bahasa dunia, maka kita bisa dengan mudah menyebarkan nilai sopan santun itu ke seluruh penjuru dunia sehingga penghuni dunia akan ramah lingkungan wk wk wk ...
    Nah, berdasarkan hal di atas marilah kita berdoa dan berupaya agar Bahasa Indonesia layak untuk dijadikan Bahasa Internasional. Kalau kita cermati hampir disemua negara didunia pasti ada orang indonesia. Hal itu sebenarnya dapat mempermudah penyebaran Bahasa Indonesia kalau Bahasa Indonesia benar-benar jadi Bahasa Internasional. 
    Setujukah ? Mari kita berdoa sesuai dengan agama masing-masing, berdoa mulai ..